10 September 2024 2:37 pm

Relawan Baik Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Kampung Cimaraca yang Terdampak Kekeringan

Relawan Baik Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Kampung Cimaraca yang Terdampak Kekeringan
Kamis, 5 September 2024, Relawan Baik melakukan ekspedisi ke Kampung Cimaraca dan Baru, Desa Curug, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ekspedisi ini dilakukan sebagai upaya dalam membantu warga yang mengalami kekeringan selama tiga bulan terakhir dengan menyalurkan air bersih yang sangat dibutuhkan.
-
Ruang Baik, sebagai bagian dari aksi kemanusiaan, menyalurkan berbagai bantuan berupa 55 galon air minum berukuran 19 liter, serta dua truk tangki air siap minum dengan total kapasitas 16.000 liter (masing-masing truk berkapasitas 8.000 liter). Tak hanya itu, bantuan berupa 40 buku Alquran dan Iqro juga diserahkan untuk mendukung pendidikan agama di wilayah tersebut. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban lebih dari 500 warga di dua kampung yang mengalami kesulitan air bersih dan memperkuat pendidikan Alquran di sana.
-
Menurut Aman Rasman, Ketua RW 02, kekeringan ini mulai dirasakan sejak bulan Juni karena minimnya curah hujan dan semakin surutnya air sungai. Saat ini, warga hanya mengandalkan dua sumber mata air untuk minum, yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari pemukiman. Sementara itu, untuk kebutuhan mandi, mencuci pakaian, dan mencuci peralatan rumah tangga, mereka harus menggunakan air sungai yang jaraknya sekitar 300 meter di bawah perkampungan, meskipun airnya mulai menyusut.
-
Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua RT 01 RW 02. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ibadah, seperti wudhu, dilakukan dengan mengambil air dari sungai karena pasokan air bersih sangat terbatas, meskipun telah dilakukan pengeboran di lima titik dengan kedalaman antara 12 hingga 40 meter.
-
Di akhir kegiatan pemberian bantuan, warga Kampung Cimaraca dan Baru mengucapkan terima kasih kepada Relawan Ruang Baik. Mereka mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada lembaga atau yayasan lain yang memberikan bantuan serupa, mengingat akses menuju kampung tersebut cukup sulit akibat kondisi jalan yang belum memadai (terisolir).
-
Adanya bantuan yang diberikan, menjadi secercah harapan bagi warga Kampung Cimaraca dan Baru dalam menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan. Harapan dan doa masyarakat untuk Ruang Baik agar terus memberikan dampak lebih kepada khalayak luas sekaligus menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk berbuat baik.
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.