21 Juni 2024 1:54 pm

Qurban di Tepian Negeri ; Dari Kota Untuk Desa Paling Selatan Indonesia

Qurban di Tepian Negeri ; Dari Kota Untuk Desa Paling Selatan Indonesia
Sholat Ied telah usai, satu persatu panitia kurban baik nusantara tiba di lokasi pemotongan hewan kurban. Kaos dan rompi dipakai, spanduk di pasang, bertuliskan "Kurban Baik Nusantara, Tebar Kurban ke Pedalaman Indonesia".

Sebanyak 26 ekor domba/kambing dan 2 ekor sapi siap di sembelih tepat pada hari senin, tanggal 17 juni 2024, bertempat di Desa papela kecamatan Rote Timur Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur

Kurban atas Nama Fulan bin Fulan.... Bismillah....Allahu akbar allahu akbar... walillahilhamd...

Salah satu panitia membacakan nama mudhohi. Diiringi gema takbir satu persatu hewan amanah dari Ruang Baik selesai di sembelih.

Dengan dibantu sekitar 30 orang panitia, tepat setelah zuhur daging kurban siap di packing dan dibagikan kepada seluruh masyarakat muslim Desa Papela.

Dengan menggunakan mobil pickup, tepat ba'da asar mobil bergerak menuju desa Oenggae, desa muslim kedua terbanyak setelah Desa Papela.
Jaraknya 45 km dari Desa Papela.

-

-

Sekitar 45 menit tanpa macet akhirnya tibalah kru di desa tersebut. Di sana Kepala Desa dan masyarakat sudah menunggu dengan antusias, berhias senyum dan hati yang gembira mereka berkumpul menyambut panitia.

Mereka bahagia karena sebentar lagi mereka akan makan daging, makanan yang selama ini jarang jarang mereka rasakan.

Para panitia sampai kembali ke Desa Papela tepat azan Isya berkumandang dari Masjid terdekat. Alhamdulillah selesailah rangkaian acara penyembelihan dan pendistribusian daging kurban dari Ruang Baik di pulau Rote, pulau terluar bagian selatannya Indonesia.

Selain mengajarkan tentang makna pengorbanan dan ketaatan kepada Allah, Idul Adha juga merupakan wujud kepedulian sosial antara sesama umat Islam. Daging kurban yang dibagikan kepada fakir miskin para muallaf dan masyarakat yang membutuhkan mencerminkan nilai berbagi dan membantu sesama. Selain itu idul adha juga menjadi ajang mempererat kesatuan dan persaudaraan antar umat Islam.


-


oleh : elsyifa (Relawan Ruang Baik di Pulau Rote)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.