31 Agustus 2021 4:14 am

Periode Januari - Agustus 2021, Ruang Baik Salurkan 88.149 Buku IQRO

Periode Januari - Agustus 2021, Ruang Baik Salurkan 88.149 Buku IQRO
Gerakan Berbagi IQRO, yang di internal Ruang Baik sering disingkat GBI merupakan program berbagi Buku IQRO secara gratis untuk anak-anak TPA, santri, manula yang sedang belajar baca Al Qur'an hingga muallaf. Fasilitas buku IQRO gratis ini ditujukan untuk memberikan dorongan agar semakin giat dalam mempelajari dan mahir membaca Al Qur’an. GBI digagas oleh Ruang Baik untuk mengajak masyarakat luas yang peduli dengan pendidikan agama khususnya baca tulis Al Quran bagi generasi bangsa terutama anak-anak sekaligus turut membantu dalam mengatasi buta aksara Al Quran di Indonesia.

"Data kita saat ini masih ada 65 persen umat Islam di Indonesia yang masih buta aksara Al Quran. Angka itu sangat tinggi untuk negara yang mayoritas Muslim," ujar Menteri Agama Fachrul Razi dikutip dari republika, 28 Juli 2020.

Salah satu penyebab masih tingginya buta huruf al-quran karena minimnya metode baca quran dengan mudah seperti buku iqro.

Metode membaca Al-Quran dengan cepat mengunakan buku Iqro sudah mahsyur di masyarakat, namun di daerah pedalaman masih sangat minim ketersediaan buku Iqro untuk anak-anak disana. Kami berharap lewat gerakan sosial berbagi buku Iqro ini, akses umat untuk mendapatkan Iqro semakin luas dan mudah di dapatkan anak-anak pedalaman. Semoga tingginya buta huruf al-quran di indonesia bisa sedikit berkurang.

Gerakan Berbagi IQRO yang ada dalam program Ruang Baik ini ditargetkan untuk disalurkan kepada para santri TPA, TPQ, santri pondok pesantren, sekolah & madrasah, para mualaf diberbagai wilayah Indonesia termasuk pedalaman nusantara.

Data penyaluran periode Januari sampai dengan Agustus tahun 2021 sebanyak 88.149 buku IQRO. Penyaluran dilakukan ke berbagai kabupaten/kota di 14 Propinsi di Indonesia, seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Sehingga total penyaluran akumulasi sejak program ini bergulir sejak Agustus 2020 sampai dengan akhir Agustus 2021 sebanyak 115.502 buku IQRO yang tersebar di 16 propinsi.

-

Penyaluran buku IQRO disalurkan dengan berbagai metode pengiriman. Diantaranya yang reguler dilakukan setiap hari melalui jasa kurir pihak ketiga sesuai permintaan dari lembaga pendidikan Al Qur’an maupun TPA yang telah mengisi formulir pengajuan secara online. Kemudian melalui berbagai kegiatan ekspedisi Ruang Baik ke daerah-daerah yang bisa terjangkau meski di tengah pembatasan karena pandemi covid 19.


Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.