30 Agustus 2021 10:43 am

77.345 Al Qur'an Telah Tersalurkan Pada Periode Januari - Agustus 2021

77.345 Al Qur'an Telah Tersalurkan Pada Periode Januari - Agustus 2021
Gerakan Berbagi Quran, yang di internal Ruang Baik sering disingkat GBQ merupakan program berbagi Al Qur’an secara gratis untuk para santri penghafal Al Qur’an. Fasilitas Al Quran gratis ini ditujukan untuk memberikan dorongan agar semakin giat dalam mempelajari, mengamalkan dan menghafalkan Al Qur’an. GBQ digagas oleh Ruang Baik untuk mengajak masyarakat luas yang peduli dengan syiar Al Quran sekaligus mengatasi gap antara ketersediaan Al Quran yang masih terbatas dengan kebutuhan Al Quran masih tinggi di Indonesia setiap tahunnya.

Menurut Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, dikutip dari Okenews (22 Januari 2019), mengungkapkan bahwa Indonesia kekurangan jutaan Al Quran setiap tahunnya. Sementara jumlah Al Qur’an yang tersedia setiap tahunnya hanya mampu memenuhi dua persen dari kebutuhan di seluruh wilayah di Indonesia. "Berdasarkan informasi, satu sampai dua juta per tahun dibutuhkan, dari Kemenag hanya 400.000, jadi masih jauh,” tambah Nawar Abbas.

Sangat bagus kalau ada perusahaan lain juga mencetak Al Qur’an. Semakin banyak dicetak, semakin berarti dan bermakna bagi umat,” sebagaimana dikutip dari Okezone.
Sejak digagasnya program GBQ ini pada pertengahan Maret 2020 lalu, Ruang Baik telah mendistribusikan Al Qur’an wakaf ke 31 propinsi di Indonesia, dimana penerima manfaat utamanya adalah para penghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren, Rumah Tahfizh Quran, TPA/TPQ, majelis taklim, sekolah dan madrasah, masjid dan mushola, saudara muslim yang sedang hijrah hingga muallaf di pedalaman dan pelosok nusantara.

Data penyaluran per 27 Agustus 2021, untuk penyaluran di tahun 2021, Ruang Baik telah berhasil menyalurkan Al Quran sebanyak 77.345 Al Qur'an. Sehingga total penyaluran sejak program ini bergulir sejak April 2020 sampai dengan akhir Agustus 2021 sebanyak 252.133 Al Quran.

-

Sebaran Al Quran Wakaf Ruang Baik telah menjangkau 31 propinsi di Indonesia, diantaranya Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Adapun 3 Propinsi tersisa, akan dilakukan pendistribusian pada jadwal distribusi Al Quran tahun berikutnya.

Proses distribusi Al Quran ini telah berlangsung selama kurang lebih selama 18 bulan sejak Gerakan Berbagi Quran Ruang Baik ini digagas. Metode distribusi dilakukan dengan berbagai kegiatan, diantaranya melalui kegiatan pengiriman secara langsung melalui pihak ketiga yang melayani jasa pengiriman kepada pesantren-pesantren yang memiliki program tahfizh quran secara terprogram dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan dikarenakan kondisi di berbagai daerah di Indonesia belum memungkinkan untuk dikunjungi karena pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus corona yang ditetapkan masing-masing pemerintah daerah.

Distribusi Mushaf Al Quran Tahun 2021

Penyaluran Al Quran dari awal hingga pertengahan tahun ini penuh dengan tantangan. Akibat melonjaknya kasus Covid-19 terlebih muncul varian-varian baru, menyebabkan penyebaran lebih mudah terjadi diantara warga. Hal ini mengakibatkan banyak daerah “menutup” diri dari kunjungan dari daerah lain. Terlebih sejak diberlakukannya PPKM, mobilitas sangat terbatas.

Ini pula yang berdampak pada pola penyaluran Al Quran Ruang Baik kepada para santri juga dilakukan melalui jasa pihak ketiga/kargo.

Ditengah terbatas mobilitas antar daerah, alhamdulillah Ruang Baik tetap bisa menyalurkan amanah donatur Gerakan Berbagi Quran yaitu berupa Al Quran kepada para santri di berbagai daerah.

Distribusi 10.000 Mushaf Al Quran Melalui Ekspedisi Nusa Tenggara Barat

15 - 21 Juni lalu, Ruang Baik melakukan distribusi 10.000 Al Quran untuk pondok-pondok pesantren di Kabupaten Sumbawa dan Lombok di Nusa Tenggara Barat.
Pada 15 - 17 Juni Tim Ekspedisi Ruang baik berkesempatan untuk menyalurkan dan bersilaturahim langsung dengan para santri di Kabupaten Sumbawa, tepatnya ke beberapa Desa. Diantaranya ke pesantren-pesantren di Desa Pamanto, Empang Bawa di Kecamatan Empang. Dilanjutkan ke Desa Brang Biji, Utan di Kecamatan Sumbawa.

Pada 18 - 20 Juni Tim Ruang baik berkunjung langsung dan menyalurkan Al Quran ke Desa Darmaji, Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Kemudian dilanjutkan ke wilayah kecamatan Suralaga, Lombok Timur. Hari terakhir ekspedisi Al Quran pada 20 Juni lalu, digelar seremoni penyaluran bersama Bupati Lombok Timur, Drs. H. M. Sukiman Azmy, M.M yang secara simbolis mewakili masyarakat Lombok Timur menerima bantuan Mushaf Al Quran yang akan dibagikan kepada para santri di berbagai pesantren dan masjid-masjid.

Distribusi 20.000 Mushaf Al quran Melalui Ekspedisi Episode Kemerdekaan di Wilayah Lampung, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat

Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun (HUT RI 76th) Ruang Baik melakukan ekspedisi kemerdekaan dengan membagikan 20.000 mushaf Al-Quran. Ekspedisi ini bertemakan Merdekakan Anak Indonesia dari Buta Baca Al Quran

-

Ekspedisi kemerdekaan bergerak keliling pedalaman selama 7 hari membagikan mushaf Al Quran. Selain itu juga menyalurkan buku Iqro, sembako untuk guru ngaji pedalaman, peresmian sumur serta pembagian mukena dibeberapa titik Pondok Pesantren,TPQ, Rumah Quran di pedesaan.

Kegiatan ini bisa terlaksana berkat bantuan dan patungan donasi dari para donator ruang baik dari berbagai wilayah.

“Mereka orang-orang baik, sahabat baik yang sangat peduli kepada para santri, kami ruang baik memfasilitasi dan mengajak mereka sahabat baik semua, terimakasih ayah bunda sahabat baik yang sudah turut berpartisipasi menebar Al-Quran hingga pelosok negeri” tutup Hendra Aditya, Ketua Ruang Baik.
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.