25 Oktober 2021 11:32 am

Hadirkan Senyum Anak-Anak Maluku, Tim Ruang Baik Bagikan 10.000 Al Quran dan 6.000 IQRO

Hadirkan Senyum Anak-Anak Maluku, Tim Ruang Baik Bagikan 10.000 Al Quran dan 6.000 IQRO
Kembali memasuki Pedalaman dan pelosok wilayah Indonesia setelah melakukan ekspedisi Kemerdekaan di Provinsi Jawa Tengah Agustus 2021 lalu kali ini team Ruang Baik melakukan Ekspedisi Al Quran di Wilayah kepuluan Maluku. Mengawali kegiatan tanggal 12 Oktober 2021 dalam rangka agenda Ekspedisi Kepulauan Maluku episode Hari santri pada program penyaluran 10.000 Mushaf Al Quran dan 6.000 Iqro, Tim Ruang Baik hari ini mengunjungi dan menyalurkan langsung Al Quran untuk para santri di beberapa Pesantren. Diantaranya yang berada di Kota Ambon, Kota Tual, Kab Seram Bagian Barat, Kab Maluku Tengah, Kab Buru dan Kab Kepulauan Aru

bersama santri penerima Iqro
bersama santri penerima Iqro


Selain menyalurkan Al Quran, Ruang Baik juga memberikan bantuan pangan untuk para santri berupa Paket beras untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka yang saat ini sudah mulai mondok dan belajar kembali setelah libur pandemi beberapa waktu yang lalu. Ditambah juga, Ruang Baik mengganti mukena-mukena para santriwati yang rusak dengan mukena yang baru.

Tak lupa juga para guru ngaji pun diberikan bantuan paket sembako sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi yang selama ini telah menjadi bagian penting dalam mendidik adik-adik generasi mendatang dengan bekal ilmu agama dan baca tulis Al Quran. Penyaluran sementara baru dilakukan kepada Guru Ngaji yang berdomisili di kota Ambon dan sekitarnya.


paket Sembako untuk Guru Ngaji
paket Sembako untuk Guru Ngaji



Team Ruang Baik melanjutkan masuk ke pelosok Ambon salah satunya Pondok Pesantren Shuffah Hizbulloh Desa Hitu Mesing Leihitu Maluku tengah. Perjalanan melalui bebukitan dilalui untuk sampai kelokasi pondok ini. Ratusan Santri sudah berkumpul dan mendapatkan Al Quran terbaik yang kami bawa. Kemudian kami melanjutkan ke Pondok Pesantren Darul Quran Mubarok disini kami bertemu dengan santri santri mukim yang semangat belajarnya sangat tinggi. Meski lokasinya berada diatas Bukit dan harus penuh perjuangan untuk mencapai lokasi para santri dan pengajar disini yakin akan Allah mudahkan dalam pembelajaran dan segala kebutuhannya.

Selanjutnya team melanjutkan ke Masjid Tua Wapauwe, masjid yang dibangun sejak tahun 1414 ini masih semarak dengan kegiatan kegiatannya. Disini sudah berkumpul perwakilan TPQ dari beberapa Dusun untuk dibagikan Al Quran. Dan dihari yang sama team berkunjung ke TPQ Ar Rahma yang memiliki 300 anak didik yang semangat belajar Quran dan Iqronya sangat tinggi.


Di Masjid Tua Wapauwe membagikan Al Quran
Di Masjid Tua Wapauwe membagikan Al Quran



-


Masih dalam perjalanan ekspedisi team Ruang Baik melakukan perjalanan via laut menggunakan perahu kecil menuju kabupaten Seram Barat. Disini team ruang Baik disambut ratusan warga yang sudah menunggu program program kebaikan yang dibawa. Setidaknya 2.000 mushaf Al Quran dan 1.000 eksemplar Iqro kami salurkan di beberapa desa dan 19 Dusun serta beberapa di wilayah sekitar.

Di Wilayah Seram bagian Barat ini kami dari satu titik ke titik lainnya menggunakan perahu kecil untuk sampai kelokasi. Ombak pantai yang cukup besar membuat beberapa kali kapal perlu keseimbangan yang tinggi. Dibeberapa titik kami membagikan Al Quran bertepatan dengan acara Maulid Nabi besar Muhammad SAW sehingga menjadi momentum terbaik dimana Ketika para warga semangat menyambut hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW ditambah anak anak santri wilayah tersebut mendapatkan hadiah terbaik Al Quran dan Iqro baru. Slaah satu penyuluh didaerah tersebut menyampaikan bahwa harga Iqro diwilayah tersebut 10 kali lipat lebih mahal dari harga di pulau Jawa dan disini 1 buah iqro dipakai bergantian 3 sampai dengan 4 anak.



anak anak yang Bahagia menerima Al Quran ruang Baik
anak anak yang Bahagia menerima Al Quran ruang Baik


Diwilayah Seram Barat sangat sulit sekali mengakses listrik sehingga anak anak harus betul betul memaksimalkan siang dan sore hari untuk belajar Al Quran dan Iqro. Pasalnya diwilah ini hanya 6 jam dalam sehari lampu hidup dan hanya beberapa hari dalam sepekan. Meskipun demikian anak anak masih semangat dan para Guru ngajinya pun semangat.

Dihari selanjutnya team Ruang Baik berkeliling diwilayah Tihulesi dan menginap dirumah kepala Dusun Tihulesi. Disini team Ruang Baik mendengar keluhan dan masukan dari para guru ngaji beberapa di beberapa Dusun. Mulai dari kebutuhan Al Quran, sarana dan Pra Sarana hingga insentif Guru ngaji yang boleh dibilang jauh dari harapan. Team Ruang Baik mengapresiasi guru ngaji dengan membagikan Paket Sembako, Paket Beras dan Mukena di Wilayah ini.

-



Diwilayah sekitar Dusun Tihulesi tepatnya Dusun Wayasel team Ruang Baik selain Membagikan AL Quran juga membagikan Mukena kepada para ibu ibu disini. Pasanya ibu ibu disini Sebagian tidak melaksanakan kewajiban Shalat 5 Waktu bukan karena malas namun karena tidak memiliki Mukena yang layak. Puluhan ibu ibu dari beberapa dusun mendapatkan Mukena dari Program berbagi Mukena ini sangat Bahagia dan berjanji akan memanfaatkannya untuk Ibadah. Selanjutnya team Ruang Baik melakukan penyebrangan ke Wilayah Maluku tengah tepatnya di Wilayah Sepa dan Masohi. Di dua titik ini team Ruang Baik membangun 2 buah Sumur , diantaranya di SMP Muhamadiyah Sepa dan Pondok Pesantren Binaul Wathon Masohi.



peresmian sumur 11 di SMP Muhamadiyah Sepa
peresmian sumur 11 di SMP Muhamadiyah Sepa


peresmian sumur di wilayah Masohi
peresmian sumur di wilayah Masohi

Team ruang baik juga menyalurkan 1.000 Al Quran dan Iqro di wilayah ini serta penyaluran paket beras utuk pesantren dan Mukena untuk Santri. Total perjalanan selama 10 hari ekspedisi kepulauan Maluku ini banyak menyisakan PR buat kami. Banyak harapan yang disampaikan ratusan guru ngaji disini kepada kita semua. Banyak program program kebaikan dari Ruang Baik yang ditunggu saudara saudara Muslim kita di Indonesia Bagian Timur ini. Donasi ayah bunda sangat tepat dan sangat berarti bagi mereka ana anak santri, para guru ngaji, para Muallaf dan Masyarakat disana.


Terima kasih ayah bunda atas segala donasinya dan telah kami sampaikan ke saudara kita yang berhak disana dan insya Allah akan kami kirimkan Kembali program program Ruang Baik di Wilayah Kepulauan Maluku ini. Ayah bunda bisa langung akses di www.ruangbaik.com atau bisa langsung menghubungi admin kami yang senantiasa menyapa ayah bunda



Beberapa Dokumentasi ekspedisi Kepulauan Maluku 12 - 21 Oktober 2021


-



-


-

-

-


-

-

-

-

Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.