11 Februari 2021 7:10 pm

2020 Berakhir, Ruang Baik Catat Penyaluran Al Qur'an Capai 174.788 Mushaf di 31 Propinsi

2020 Berakhir, Ruang Baik Catat Penyaluran Al Qur'an Capai 174.788 Mushaf di 31 Propinsi
Gerakan Berbagi Quran, yang di internal Ruang Baik sering disingkat GBQ merupakan program sekaligus gerakan berbagi Al Qur’an yang ditujukan kepada para santri penghafal Al Qur’an dan para saudara kita yang membutuhkannya dengan tujuan untuk memberikan fasilitas Al Quran gratis untuk mempelajari, mengamalkan dan menghafalkan Al Qur’an di seluruh daerah di Indonesia. GBQ digagas oleh Ruang Baik untuk mengajak masyarakat luas yang peduli dengan syiar Al Quran sekaligus mengatasi gap antara ketersediaan Al Quran yang masih terbatas dengan kebutuhan Al Quran masih tinggi di Indonesia setiap tahunnya.

Menurut Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, dikutip dari Okenews (22 Januari 2019), mengungkapkan bahwa Indonesia kekurangan jutaan Al Quran setiap tahunnya. Sementara jumlah Al Qur’an yang tersedia setiap tahunnya hanya mampu memenuhi dua persen dari kebutuhan di seluruh wilayah di Indonesia. "Berdasarkan informasi, satu sampai dua juta per tahun dibutuhkan, dari Kemenag hanya 400.000, jadi masih jauh.

Sangat bagus kalau ada perusahaan lain juga mencetak Al Qur’an. Semakin banyak dicetak, semakin berarti dan bermakna bagi umat,” sebagaimana dikutip dari Okezone.

Sejak digagasnya program GBQ ini pada pertengahan Maret 2020 lalu, Ruang Baik telah mendistribusikan Al Qur’an wakaf ke 31 propinsi di Indonesia, dimana penerima manfaat utamanya adalah para penghafal Al Qur’an di Pondok Pesantren, Rumah Tahfizh Quran, TPA/TPQ, majelis taklim, sekolah dan madrasah, masjid dan mushola, saudara muslim yang sedang hijrah hingga muallaf di pedalaman dan pelosok nusantara.

Data per 29 Desember 2020, Ruang Baik telah berhasil menyalurkan Al Quran sebanyak 174.788 mushaf. Al Quran telah diberikan kepada para santri penghafal Al Quran yang ada di Pondok Pesantren, Rumah Tahfidz Quran, Majelis Taklim, TPA/TPQ, Sekolah & Madrasah, Masjid dan Mushola.

Sebaran Al Quran Wakaf Ruang Baik telah menjangkau 31 propinsi di Indonesia, diantaranya Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Adapun 3 Propinsi tersisa, akan dilakukan pendistribusian pada jadwal distribusi Al Quran tahun berikutnya.

Proses distribusi Al Quran Wakaf ini telah berlangsung selama kurang lebih selama 10 bulan sejak gerakan berbagi quran Ruang Baik ini digagas. Metode distribusi dilakukan dengan berbagai kegiatan, diantaranya melalui kegiatan pengiriman secara langsung melalui pihak ketiga yang melayani jasa pengiriman kepada pesantren-pesantren yang memiliki program tahfizh quran secara terprogram dan berkelanjutan. Pada momen ramadhan lalu (1441 H), Ruang Baik juga menyalurkan ke berbagai pesantren tahfizh secara terbatas di wilayah Jabodetabek, dikarenakan kondisi di berbagai daerah di Indonesia belum memungkinkan untuk dikunjungi karena pembatasan sosial berskala besar yang diterapkan masing-masing pemerintah daerah.

Infografis Penyaluran Al Quran sampai dengan 29 Desember 2020
Infografis Penyaluran Al Quran sampai dengan 29 Desember 2020

Distribusi 15000 Mushaf Al Quran Melalui Ekspedisi Quran Tour de Java

Di saat beberapa daerah mulai melonggarkan mobilitas orang untuk masuk ke daerahnya dengan mengadaptasi kebiasaan baru (new normal), Tim Ruang Baik akhirnya dapat menjelajahi daerah-daerah untuk mengantarkan langsung Al Quran kepada para santri penghafal Al Quran di berbagai pondok pesantren dengan menggelar Ekspedisi Berbagi Quran Ruang Baik Tour de Java yang menjelajahi 4 propinsi di pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Ekspedisi edisi ini menyalurkan 15000 mushaf Al Quran untuk 15000 santri di 10 kota/kabupaten, diantaranya Cirebon, Pekalongan, Semarang, Lumajang, Banyuwangi, Malang, Blitar, Sleman, Magelang dan Kebumen. Menghabiskan waktu selama 11 hari perjalanan, tim Ruang Baik sekaligus mengagendakan silaturahim kepada para Kyai dan tokoh daerah untuk mendapatkan masukan, saran dan tentuanya doa untuk doa kelancaran gerakan berbagi quran yang sedang dijalankan ini.

Penyaluran Al Quran di Banyuwangi dalam rangka Ekspedisi tour de Java
Penyaluran Al Quran di Banyuwangi dalam rangka Ekspedisi tour de Java

Distribusi 17.845 Mushaf Al Quran Melalui Ekspedisi Quran Episode Kemerdekaan

Dalam rangka peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun, Ruang Baik sukses menggelar Ekpedisi Wakaf Ruang Baik Episode Kemerdekaan yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2020. Ekpedisi wakaf episode kemerdekaan yang telah dilaksanakan ini mendistribusikan sebanyak 17.845 mushaf Al Quran. Bahkan menurut catatan tim distribusi, telah melebihi dari target tersebut. Gelaran ekspedisi ini singgah di beberapa kota diantaranya, Kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran hingga Garut Selatan.

Penyaluran Al Quran ke Pesisir Jawa Barat pada kegiatan Ekspedisi Episode Kemerdekaan
Penyaluran Al Quran ke Pesisir Jawa Barat pada kegiatan Ekspedisi Episode Kemerdekaan

Distribusi 50.000 Mushaf Al Quran Melalui Ekspedisi Quran Episode Hari Santri Nasional, Tour de Sumatera

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2020 yang jatuh pada 22 Oktober, Ruang Baik kembali menggelar ekspedisi berbagi Quran. Kali ini daerah yang dituju adalah propinsi-propinsi yang berada di pulau Sumatara. Rangkaian ekspedisi ini telah dilaksanakan antara tanggal 4 Oktober 2020 sampai dengan 27 Oktober 2020. Start dari beberapa kabupaten di propinsi Lampung, lalu menuju Sumatera Selatan, Palembang tepatnya, kemudian Pekanbaru propinsi Riau dan berakhir di Bukittinggi di Sumatera Barat.

Misi ekspedisi telah dituntaskan dengan tersampaikannya mushaf Al Quran total sebanyak 50.000 eksemplar kepada para santri di pesantren-pesantren yang telah diseleksi sebelumnya, di masing-masing kabupaten/kota. Kabupaten/kota yang secara langsung kami singgahi diantaranya adalah Bandar Lampung, Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Palembang, Pekanbaru, Kota Padang, Payakumbuh dan Bukittinggi. Kabupaten dan kota lainnya yang tidak sempat disinggahi secara langsung, tapi Al Quran tetap tersampaikan melalui kerjasama dengan lembaga mitra di daerah tersebut.


Seremoni penyaluran Al Quran di Sumatera Barat dalam rangka Ekspedisi tour de Sumatera
Seremoni penyaluran Al Quran di Sumatera Barat dalam rangka Ekspedisi tour de Sumatera

Distribusi 5.000 Mushaf Al Quran Melalui Ekspedisi Quran Episode Akhir Tahun, Tour de Banten

Jelang akhir 2020, Ruang Baik kembali melakukan Ekspedisi Berbagi Qur’an sebagaimana ekspedisi-ekspedisi sebelumnya yang telah dilaksanakan. Saat kunjungan ke propinsi Banten ini, Tim Ruang Baik menyalurkan beberapa program utamanya, yakni Berbagi Al Quran. Penyaluran dilakukan di wilayah Kabupaten Lebak hingga Lebak Selatan, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Ekspedisi Ruang Baik akhir tahun ini digelar antara tanggal 21-24 Desember 2020 dan telah menggenapi perjalanan ekspedisi berbagi qur’an se pulau Jawa yang telah juga dilakukan sebelumnya ke 4 propinsi pada bulan Agustus 2020 lalu, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Ekspedisi ini sekaligus menutup rangkaian ekspedisi tahun 2020.

Penyaluran Al Quran di Pandeglang dalam rangka Ekspedisi tour de Banten
Penyaluran Al Quran di Pandeglang dalam rangka Ekspedisi tour de Banten

Dengan digelarnya ekspedisi Banten ini, Ruang Baik mencatat telah singgah secara langsung menyalurkan program di 10 Propinsi di Indonesia dengan berbagai programnya. InsyaAllah, pada tahun 2021 mendatang hingga tahun-tahun berikutnya dapat tercapai ekspedisi berbagi di seluruh propinsi di Indonesia dan menebar manfaat secara luas program-program Ruang Baik yang sedang digulirkan.
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.