23 Juni 2021 10:18 am

Eksepedisi 10.000 Mushaf Nusa Tenggara Barat

Eksepedisi 10.000 Mushaf Nusa Tenggara Barat
Tahun 2020 lalu team Ruang Baik melakukan Ekspedisi dibeberapa Provinsi, Mulai Dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Bandar Lampung, Pekan Baru, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan beberapa Provinsi lainnya ditutup dengan ekspedisi Quran di Provinsi Banten di akhir tahun. Dan di Tahun 2021 mengawali kembali ekspedisi Quran di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan tema Ekspedisi 10.000 Quran Nusa Tenggara Barat selama 7 hari.

Mengawali Kegiatan tanggal 16 Juni 2021dalam rangka agenda Ekspedisi Nusa Tenggara Barat pada program penyaluran 10.000 Mushaf Al Quran, Tim Ruang Baik hari ini mengunjungi dan menyalurkan langsung Al Quran untuk para santri di beberapa Pesantren. Diantaranya yang berada di Desa Jotang Kecamatan Empang dan di Desa Leseng Kecamatan Moyohulu Kabupaten Sumbawa.

Selain menyalurkan Al Quran, Ruang Baik juga memberikan bantuan pangan untuk para santri berupa beras, minyak, telur untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka yang saat ini sudah mulai mondok dan belajar kembali setelah libur Idul Fitri beberapa waktu yang lalu. Ditambah juga, Ruang Baik mengganti mukena-mukena para santriwati yang rusak dengan mukena yang baru.

Tak lupa juga para guru ngaji pun diberikan bantuan paket sembako sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi yang selama ini telah menjadi bagian penting dalam mendidik adik-adik generasi mendatang dengan bekal ilmu agama dan baca tulis Al Quran. Penyaluran sementara baru dilakukan kepada Guru Ngaji yang berdomisili di Desa Pamanto dan Desa Empang Bawa yang berada di Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa.

bersama santri dan tuan guru di Desa Empang bawa  Kabupaten Sumbawa
bersama santri dan tuan guru di Desa Empang bawa Kabupaten Sumbawa
.
bersama Santri Pondok Pesantren Muthmainnah Leseng Sumbawa
bersama Santri Pondok Pesantren Muthmainnah Leseng Sumbawa



Tim Ruang Baik tiba di Lombok untuk melanjutkan direct visit dalam rangka program penyaluran 5.000 Al Quran yang akan didistribusikan di wilayah Lombok.
Mengawali rangkaian agenda penyaluran program, tadi malam berkesempatan bersilaturahim dengan para guru ngaji di Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Disamping melakukan dialog dengan para guru ngaji setempat untuk mendengar ragam problematika pendidikan Al Quran di desa setempat, alhamdulillah Ruang Baik dapat menyampaikan amanah para donatur untuk memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pangan para guru ngaji. Penyerahan dilakukan bersama-sama dengan Kepala Desa Darmaji, Bapak Suhaidi bertempat di Kantor Desa Darmaji, Kopang, Lombok Tengah, NTB
Pemberian bantuan ini sebagai bentuk apresiasi/penghargaan atas jasa mereka selama ini membimbing umat, khususnya anak-anak dalam mempelajari ilmu agama dan Al Quran.


bersama para guru ngaji di Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah
bersama para guru ngaji di Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah


Masih dalam rangkaian penyaluran Al Quran untuk para santri di pelosok Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. team Ruang Baik menyempatkan untuk hadir di tengah-tengah para santri diantaranya Pesantren Unwanul Falah NW yang berada di Jl, Tgh Ahmad Abd Gani, Paok, Lombok Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur dan Pesantren Tahfidz Qur'an PTQ AL Qimmah, Terara, Lombok Timur.
Selain Al Quran yang diberikan secara cuma-cuma untuk mengganti Al Quran para santri yang telah rusak, tim juga menyalurkan bantuan beras dan makanan pokok lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan para santri sehari-hari. Disalurkan juga bantuan pangan dan mukena untuk para guru ngaji di pesantren-pesantren tersebut.

Pesantren Unwanul Falah NW Lombok Timur
Pesantren Unwanul Falah NW Lombok Timur


bersama Tuan guru, Santri dan Masyarakat di Lombok Timur
bersama Tuan guru, Santri dan Masyarakat di Lombok Timur


Kemudian team melanjutkan agenda Ceremoni penyerahan Mushaf Al Quran untuk berbagai pesantren di Lombok Timur di SMA IT Cahaya Bangsa, Lenek, Lombok Timur. Hadir Bupati Lombok Timur Drs. H. M. Sukiman Azmy, M.M yang secara simbolis mewakili masyarakat Lombok Timur menerima bantuan Mushaf Al Quran yang akan dibagikan kepada para santri di berbagai pesantren dan masjid-masjid.
Mewakili masyarakat Lombok Timur, Drs. H. M. Sukiman Azmy, M.M selaku Bupati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para donatur Ruang Baik yang telah mendonasikan Mushaf Al Qurannya untuk memenuhi kebutuhan AL Quran di Lombok Timur.

Pada kegiatan ini, Ruang Baik sekaligus menyalurkan sedekah beras untuk para santri, bantuan sembako, mukena dan paket kebutuhan pangan untuk Guru Ngaji.

Kegiatan seremoni ini menutup rangkaian Ekspedisi Nusa Tenggara Barat dalam rangka Penyaluran Program Berbagi AL Quran dan program lainnya oleh Ruang Baik yang telah dimulai sejak tanggal 15 Juni sampai dengan 20 Juni 2021, dengan total mushaf Al Quran yang telah disalurkan sebanyak 10.000 mushaf.


bersama Bupati Lombok Timur
bersama Bupati Lombok Timur


ceremoni disaksikan para Tuan Guru
ceremoni disaksikan para Tuan Guru


Jazakumullah khoiron kastiro kepada #SahabatBaik yang telah memberikan dukungan, baik donasi, bantuan serta doa dalam program-program Ruang Baik, khususnya kali ini pada Ekspedisi Nusa Tenggara Barat, semoga Allah subhanahu wataala menerima segala kebaikan yang telah #sahabatbaik kerjakan dan segala bantuan yang telah diberikan kepada para penerima manfaat dapat bermanfaat dan insyaAllah mengalirkan pahala kepada para #sahabatbaik sekalian
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.