21 Januari 2021 2:02 pm

11.000 Mushaf Al Quran dan Buku IQRO Kembali Disalurkan Ke Lampung Untuk Dukung Pendidikan Al Quran

11.000 Mushaf Al Quran dan Buku IQRO Kembali Disalurkan Ke Lampung Untuk Dukung Pendidikan Al Quran
Lampung, 19/01/21. Mengawali tahun 2021, Ruang Baik melalui program Gerakan Berbagi Quran dan Gerakan Berbagi IQRO kembali menyalurkan Al Quran dan Buku IQRO untuk para santri di pesantren dan TPA yang berada di propinsi Lampung. Sebanyak 11.000 Mushaf Al Quran telah disalurkan ke beberapa kabupaten/kota, diantaranya Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pringsewu dengan rincian sebanyak total 7.000 mushaf Al Quran terdistribusi di Bandar Lampung, 3.000 mushaf Al Quran di Kabupaten Pringsewu, dan 1.000 mushaf Al Quran di Kabupaten Lampung Selatan. Sementara buku IQRO terdistribusi total sebanyak 960 buku yang diberikan kepada para santri di TPA-TPA.

Diketahui bahwa kebutuhan Al Quran dan Buku IQRO di propinsi Lampung sangat tinggi, khususnya untuk para santri di pesantren dan anak-anak yang sedang belajar membaca Al Quran di TPA. Bekerjasama dengan Lampung Al Quran Center(LAC) sejak 2020 lalu, Ruang Baik secara reguler menyediakan Al Quran dan Buku IQRO untuk memenuhi kebutuhan dan penyaluran di propinsi Lampung. Ditemui saat penyaluran Al Quran pada 18 Januari 2020 kemarin, Farizal, mewakili LAC, mengatakan bahwa permintaan yang masuk untuk pengajuan Al Quran dan IQRO sangat banyak dan sampai dengan saat ini belum semuanya terpenuhi karena keterbatasan jumlah Al Quran yang tersedia. Permintaan Al Quran dan buku IQRO yang tinggi disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya keterbatasan pendanaan pesantren untuk pengadaan Al Quran baru, keterbatasan akses terhadap Al Quran yang layak dan jumlah santri baru di pesantren maupun TPA yang semakin banyak setiap tahunnya. Sebab juga sebagian besar pesantren dan TPA tidak memungut biaya pendidikan atau jikapun dipungut, dengan jumlah yang sangat kecil sehingga tidak mencukupi untuk menutupi seluruh kebutuhan biaya pendidikan.

Penyaluran Mushaf Al Quran kepada para santri TPA La Tahzan,
Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung
Penyaluran Mushaf Al Quran kepada para santri TPA La Tahzan, Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung

Pembagian Buku IQRO kepada Para Santri di Pesantren Tahfidzul Quran
Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung
Pembagian Buku IQRO kepada Para Santri di Pesantren Tahfidzul Quran Kabupaten Lampung Selatan, Propinsi Lampung

Bekerjasama juga dengan Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Ruang Baik menyalurkan 3.000 mushaf Al Quran untuk pesantren, majelis-majelis taklim, penyuluh agama dan TPA yang memiliki program menghafal Al Quran di wilayah Kabupaten Pringsewu. Senada dengan kondisi secara umum di propinsi Lampung, di Kabupaten Pringsewu juga tinggi permintaan Al Quran yang baru dan layak. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Pringsewu H. Rohbbussodri, S.Ag yang memimpin seremoni serah terima Al Quran di aula kantor Kemenang Pringsewu menyampaikan ungkapan terima kasih tidak terhingga atas bantuan Al Quran yang telah diberikan melalui Ruang Baik untuk masyarakat Pringsewu, khususnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Al Quran di pesantren, majelis taklim dan TPA. "Berharap ke depannya dapat diberikan Al Quran dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di Pringsewu", tutup Rohbbussodri mengakhiri sambutannya.

Seremoni Penyaluran 3.000 Mushaf Al Quran di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung
Seremoni Penyaluran 3.000 Mushaf Al Quran di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung

Suasana Seremoni Penyaluran 3.000 Mushaf Al Quran di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung
Suasana Seremoni Penyaluran 3.000 Mushaf Al Quran di aula kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung
Ditemui pada saat acara yang sama di Pringsewu, Ust. Hendra Aditya selaku Ketua Yayasan Ruang Baik Bersama (Ruang Baik) menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi berupa harta, pemikiran/ide dalam mendukung Gerakan Berbagi Quran dan Gerakan Berbagi IQRO khususnya yang telah disalurkan untuk para santri di Lampung ini, semoga Allah subhanahu wataala menerima amal jariyah atas harta yang telah dikeluarkan dan mengalir abadi pahala setiap bacaan Al Quran yang dibacakan rutin oleh para penerima manfaat khususnya para santri penghafal Al Quran. Ust. Hendra Aditya sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk terus menerus dan tidak bosan dalam mendukung program-program berbasis Al Quran untuk kemajuan umat Islam yang mana umatnya menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidupnya dan pedoman dalam bermasyarakat. (ES)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
info@ruangbaik.com
0813-8173-6776
Perumahan Arco, Jl. Rambutan No 16 Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat 16518
Ikuti Kami di
-
@2024 Ruang Baik Bersama Inc.